Minggu, 05 Februari 2012

Cara Pembuatan Pesawat Udara Out Hand Launched Glider (OHLG)

Dalam dunia Aeromodelling, pesawat udara yang paling sederhana dinamakan pesawat udara OHLG. Pesawat udara jenis ini tidak bermesin seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
13226155651902565307
Gambar 1: Pesawat Udara OHLG
Sesuai dengan namanya, pesawat jenis ini diterbangkan dengan cara dilempar menggunakan tangan kemudian melayang sesuai karakter pesawat tersebut dan keadaan alam pada saat pesawat tersebut diterbangkan.
Cara menerbangkan pesawat udara ini seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
Pesawat ini terbuat dari bahan yang sangat ringan dan cukup kuat yaitu kayu Balsa. Kayu Balsa dapat diperoleh di toko-toko yang menjual peralatan Aeromodelling.
Cara pembuatan pesawat udara OHLG adalah sebagai berikut. Wing dibentuk seperti gambar di bawah ini.
13226161961007647300
Gambar 3: Tampak Atas dari Wing
Aerofoil adalah penampang melintang dari wing. Leading edge (LE) adalah titik terdepan dari aerofoil. Trailing edge (LE) adalah titik paling belakang dari aerofoil.
Chord line adalah garis lurus yang menghubungkan antara LE dan TE. Maximum thickness terletak 30 % dari LE ditunjukkan dengan garis putus-putus. Aspect Ratio (AR) merupakan faktor kelangsingan sayap.
AR pada pesawat udara OHLG sebesar 5 sampai dengan 12. Sedangkan AR pada pesawat udara yang dikendalikan dengan radio (Radio Controlled RC Airplanes) sebesar 7 sampai dengan 10.
Rumus aspect ratio adalah AR=b^2/S dimana b adalah bentang sayap atau jarak antara ujung sayap ke ujung sayap lainnya pada wing. S adalah luas sayap. Untuk menentukan S dengan pendekatan trapesium di bawah ini.
13226163311847063639
Gambar 4: Trapesium
Dari gambar di atas maka S dihitung menggunakan persamaan S=(a+b)*t/2
13226164351162638959
Gambar 5: Aerofoil
Aerofoil dibuat seperti gambar 5 di atas. Maximum thickness terletak 30 % dari LE. Bentuk aerofoil ini sangat menentukan kemampuan pesawat untuk menghasilkan lift force.
13226182091566658561
Gambar 6: Balsa Keras pada LE
Pada LE di sepanjang wing sebaiknya digunakan kayu Balsa Keras seperti ditunjukkan pada gambar 6. Pemasangan Balsa Keras dilakukan sebelum pembuatan wing.
Tujuan pemasangan Balsa Keras pada wing untuk penguat pada saat penerbangan supaya pesawat tidak mudah rusak karena adanya benturan dengan benda keras.
Selanjutnya memasuki tahap pembuatan badan pesawat atau fuselas. Badan pesawat dibuat dari kayu Balsa keras dan dibentuk seperti gambar di bawah ini.
13226186881107265673
Gambar 7: Badan Pesawat Udara OHLG
Jarak hidung ke LE sebesar chord wing. Panjang fuselas sebesar 5,25 dikalikan chord wing.
Kemudian membuat stabilo dan fin. Stabilo adalah ekor horisontal sedangkan fin adalah ekor tegak. Stabilo dan fin dibuat mengikuti petunjuk di bawah ini.
1322618739695183482
Gambar 8: Stabilo dan Fin
Bentang sayap stabilo sebesar sepertiga dari bentang sayap wing. Chord stabilo sebesar 75% dari chord wing. Luas fin sebesar sepertiga dari luas stabilo seperti ditunjukkan pada gambar 8 (bagian yang diarsir).
13226191231991653175
Gambar 9: Gap antara Wing dan Stabilo
Pemasangan stabilo pada badan dengan gap antara wing dan stabilo sekitar 1,5 sampai dengan 2 cm.
Langkah selanjutnya adalah pemasangan penguat pada wing. Tujuan pemasangan penguat ini agar wing tidak rusak ketika dilakukan penerbangan.
1322619159887211248
Gambar 10: Penguat pada Wing
Pemasangan penguat dilakukan di permukaan bawah wing seperti ditunjukkan pada gambar 10. Arah serat kayu dari penguat sejajar dengan badan pesawat.
13226192122086515532
Gambar 11: Pemasangan fin pada Ekor Pesawat
Pemasangan fin pada ekor pesawat seperti ditunjukkan pada gambar 11. Tujuan pemasangan ini untuk memudahkan dalam menggerakkan rudder dan elevator.
Untuk mendapatkan kulit terluar pesawat udara yang halus mulus dilakukan pengedopan. Pengedopan menggunakan plastik yang dilarutkan menggunakan pelarut plastik. Biasanya pelarut plastik yang dipergunakan bermerk Herin.
Pengedopan dilakukan seperti melapiskan cat pada kayu dan selanjutnya dilakukan pengamplasan.
Langkah berikutnya menimbang pesawat untuk menentukan letak pusat massa atau center of gravity (c.g). Langkah ini sering disebut dengan Weight and Balance (WAB).
Tujuan WAB untuk mendapatkan letak c.g sejauh 30 % dari TE seperti ditunjukkan pada gambar 12. Pengaturan berat dengan menambahkan timah tipis pada hidung pesawat ini.
1322619269130171257
Gambar 12: Posisi c.g terhadap TE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar